Tidur yang cukup itu sangat penting. Karena pada saat kita tertidur, sel-sel tubuh yang rusak akan diganti. Nah bagaimana dengan yang tidurnya kurang atau yang mempunyai gangguan tidur? Hal ini tentunya akan berakibat buruk terhadap tubuh kita. Memang tidak terjadi secara langsung, akan tetapi perlahan  pasti tubuh akan mulai merasakn dampaknya yaitu diantaranya :

1. Jadi “tulalit”
Waktu tidur kita akan berkurang jika kita sedang ada banyak tugas dan harus selesai besok. pada saat akan dipresentasikan kita lupa segalanya tugas yang sudah kita buat capek2 tapi nggak ada hasil, betapa kecewanya kita. Karena kurang tidur badan kita capek dan mendadak lupa segalnya alias jadi tulalit.

Orang yang sedang capek memang biasanya lebih mudah mengambil risiko dengan harapan mendapat hasil maksimal. Padahal, hal itu justru sering membuat rencana berantakan. sampai bela2in nggak tidur semaleman.

2. lapar melulu
Penelitian menunjukkan, kurang tidur bisa mengganggu kadar gula darah dan menyebabkan tubuh memproduksi sedikit leptin, hormon pengendali nafsu makan, dan menghasilkan lebih banyak ghrelin, kebalikan dari leptin. Karena faktor perubahan biologis ini, tak heran jika kita masih merasa lapar meski baru menggasak sepiring ayam bakar. (bukannya sok tahu nee tapi memang kenyataanya gytu)

Orang yang dilanda kelelahan kronis biasanya lebih suka mengonsumsi gula dan karbohidrat sederhana. Akibatnya, tubuh selalu menagih karbohidrat karena gula darah turun dengan cepat dan perut selalu terasa lapar.

3. mudah sakit
Ini adalah tanda yang paling sering dijumpai. Orang yang kekurangan waktu tidur lebih rentan terkena infeksi.  Lain hal nya dengan  mereka yang cukup istirahat memiliki sistem imun yang lebih kuat.

4. Gampang banget menangis
Tanpa waktu tidur yang cukup, emosi Anda cenderung menjadi tidak stabil. Studi juga menunjukkan, saat kita kurang tidur, kita lebih sering merasa sedih karena otak lebih banyak menyimpan memori negatif ketimbang ingatan yang membahagiakan. Tak heran jika orang yang kurang tidur terlihat seperti orang depresi. Dan terkadang orangnya agak pendiem karena susah mikir kecuali ada yang membangkitkan semangat nya ya kaya saya gitu dech .heheh  (jadinya curhat nee)

5. Ceroboh
Kurang tidur akan membuat kemampuan motorik kita melambat dan kurang gesit. Akibatnya, kita jadi sering gugup, menabrak atau menumpahkan sesuatu. Hal itu disebabkan refleks kita berkurang dan otak kita kurang fokus sehingga kita jadi terlihat seperti orang ceroboh.

yaitulah yang selama ini saya rasain jika kalian semua sependapat ya gpp klo ga juga gpp ……………………..

Iklan

About zuawi

gw orang nya nggak banyak ngomong tapi perstasinya bozzz, menonjol and banyak orang bilng gw orang baik padahal gw rasa biasa2 aja

5 responses »

  1. herryager1 berkata:

    kok kaya ngomongin aku bro…lam kenal ya…

  2. alisnaik berkata:

    saya malah kebanyakan tidur 😛

  3. zipoer7 berkata:

    Salam Takzim
    Kurang tidur juga bikin males kerja kang
    Salam Takzim Batavusqu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s