Kullu nafsin dzaa iqatul maut, tiap-tiap jiwa akan merasakan mati. Sering kali, rutinitas hidup menyebabkan seseorang lupa bahwa kematian itu dekat. Dan Alloh Yang Maha Penyayang sering kali mengingatkan kita bahwa setiap manusia ada waktunya. Salah satunya adalah dengan kematian orang lain. Ketika takdir Alloh ini mengenai seseorang yang dekat dengan kita, maka bekas yang ditinggalkan biasanya lebih terasa.

Mengingat mati adalah sebuah hidayah tersendiri. Dengan mengingat mati, maka kitapun jadi dapat lebih bersyukur dan bersabar dalam menghadapi ujiannya. Sebesar apapun masalah yang kita hadapi, pada akhirnya kita akan mati, dan Alloh akan menanyai hal-hal yang kita lakukan saat menghadapi masalah tersebut. Apakah kita menganggapnya sebagai ujian dari Alloh dan kemudian lebih dekat pada-Nya, ataukah kita malah menyalahkan takdir Alloh itu.

Mengingat mati, waktu terasa merambat. Setiap detik seakan-akan semakin menyambut takdirNya itu. Alloh menyuruh manusia untuk tidak takut mati. Tapi tak urung, hati saya berdebar mengingat itu. Waktu semakin habis,  tapi saya sama sekali belum apa-apa.
Sementara itu, lagu Raihan sedang mengalun, “Demi masa…”.

Sudahkah kita ingat mati hari ini?

Iklan

About zuawi

gw orang nya nggak banyak ngomong tapi perstasinya bozzz, menonjol and banyak orang bilng gw orang baik padahal gw rasa biasa2 aja

55 responses »

  1. Didien® berkata:

    sama mas..saya juga sering teringat ajal ketika hendak tidur…
    insyaAllah saya selalu ingin mensyukuri hidup ini utk selalu beribadah demi Ridho-Nya amin..
    trimakasih sudah memberikan pencerahan..

    salam, ^_^

  2. programatujuh berkata:

    yah, dateng aja ke bali, biasanya ogoh2 itu drayakan menjelang hari raya nyepi, setahun sekali. hehe

  3. darahbiroe berkata:

    kita sbg manusia memang harus ingat akan kmatian tp tidak boleh bercita2 matii

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasihh
    😀

  4. Sahabat Blogger berkata:

    kematian memang harus sering di ingat..suapaya kita sebagai manusia tidak lupa sama Allah..

  5. Khatulistiwa berkata:

    dengan mengingat kematian, mengingatkan juga akan dosa2 yang telah kita perbuat…

  6. wahyurez berkata:

    ada satu hal pasti terjadi, orang yang kurang persiapan jika memikirkan mati akan takut, maka siapkan lah diri kita untuk menghadap Yang Kuasa

  7. Dunia Hape berkata:

    Jujur, kalo ingat akan kematian, bulu kuduk gue jadi berdiri…
    Jadi takut sendiri…

  8. Zippy berkata:

    Artikel yang menarik.
    Semoga aja saya sanggup mengingat akan kematian walau terasa ngeri.
    Yah…tapi itulah hidup…
    Kematian ada di depan kita.

  9. dengan mengingat mati, pasti apa yg akan kita perbuat akan dipikirkan terlebih dahulu.. terutama untuk berbuat maksiat..

  10. ofaragilboy berkata:

    kematian adalah hal pasti dialami setiap makhluk didunia, dan kita ga cukup untuk mengingat mati saja, akan lebih baiknya kita mengingat bekal yang harus dibawa ketika kita mati…..

    salam

    • zuawi berkata:

      iia kita memang ga boleh hanya ingat mati saja tapi harus ingat bekal yang akan kita bawa nantinya ke alan akhirat.
      tapi cukup tidahnya bekal kita hanya allah yang maha tahu ……

  11. Dangstars berkata:

    jadi ingat pepatah carilah bekal ahirat kalo hendak mati esok

  12. fanz berkata:

    jangan sia siakan hidup ini untuk hal yang tidak bermanfaat..

  13. Deden Hanafi berkata:

    mengingat mati adalah salah satu cara agar kita selalu terhindar dari perbuatan keji dan mungkar.

  14. Anas berkata:

    Setiap orang pasti akan mati mas. Tidak ada yang dapat menolaknya walaupun berada dalam dinding tertutup berlapis baja. Kalau udah waktunya pasti akan meninggal juga. Anas sering merenung ketika Anas sedang mengantarkan jenazah ke makam, Makam merupakan rumah masa depan kita selanjutnya, kelak di sini merupakan awal dari alam akhirat. Semoga Anas selalu mengingat kematian..

    • zuawi berkata:

      iia mas moga jja biar kita dalam menjalani hidup ini tidak sia2 karena mengingat mati juga salah satucar agar kita terhindar draiperbuatan keji dan mungkar. ehhehheh …(kata deden itu ) …..

  15. sedjatee berkata:

    renungan yang menyentuh, Kang Awi…
    salam kenal… thanks telah berkunjung…
    semoga sukses selalu…

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

  16. xray berkata:

    terus berjuang dalam hidup. sukses selalu. lakukan yg terbaik.

  17. xray berkata:

    terus berusaha. maju terus. sukses bro…

  18. nayantaka berkata:

    kunjungan balik mas
    makasih artikelnya yang sudah mengingatkan

  19. Khalid Abdullah berkata:

    kunjungan balik nich mas Zuawi… ^_^

    wah kalo bisa inget mati terus, hidup kita pasti akan terus melakukan amal baik… masalahnya adalah saat iman kita lagi turun dan ego menguasai diri kita…

  20. zipoer7 berkata:

    Salam Takzim
    Saya belum pernah mati kang jadi saya belum bisa mengingatnya, tetapi saat saya mengikuti pemakaman saya ingat bahwa saya akan mati dan dimakamkan juga kang
    Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya kang
    Salam Takzim Batavusqu

  21. Fikar berkata:

    Hanya manusia yang benar2 selalu berusaha mengingat 4W1 yang ga takut mati, dia malah kangen sama 4W1. Mudah2 kt termasuk, lam kenal gan

  22. Didien® berkata:

    kunjungan silaturrahmi lagi om…
    semoga selalu sehat ya amin…

    salam, ^_^

  23. Caride™ berkata:

    ketika mati lampu/gelap gulita itu membuat saya teringat dengan kubur..
    ketika mendengar org mengaji dg lantunan yg sangat indah itupun membuat saya teringat dengan maut…
    semoga kita selalu ingat ajal utk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada ALLAH SWT amin

  24. d-Gadget™ berkata:

    tulisan yg sangat mencerahkan…trimaksih sudah berbagi ilmu dg kami semua

  25. ndop berkata:

    tetanggaku beberapa hari kemarin meninggal…

  26. Zian X-Fly berkata:

    Ingat mati… ingat mati… (lagu Wali)

  27. joko santoso berkata:

    Sekedar masukan sob, background nya terlalu dominan, sehingga tulisannya sulit dibaca. trims

  28. engkaudanaku berkata:

    Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak dapat (pula) memajukannya.
    (Al Quran Surat Al A’raf: 34)

    sebelum batas waktu itu kita hampiri……

  29. didot berkata:

    semoga kita selalu ingat mati,dan bersiap2 selalu ,agar tatkala kematian yg datangnya tiba2 itu datang menjemput kita sewaktu2 kita telah membawa bekal amal yg cukup 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s